Nyadran Atau Sedekah Bumi Di Desa Babad Kedungadem, Tingkatkan Kerukunan Warga

  • Whatsapp
IMG_20220626_144141_copy_624x340

Bojonegoro | MMC – Nyadran Bumi atau Sedekah Bumi adalah bentuk rasa syukur terhadap Tuhan yang Maha Esa atas rizki yang telah diberikan berupa sandang, pangan dan papan kepada masyarakat. Tradisi Sedekah Bumi selalu dilaksakan oleh semua masyarakat Desa Sijenggung setiap tahun, karena sudah menjadi tradisi serta adat desa.

Tujuan mengadakan tradisi Nyadran adalah untuk mengirim doa kepada leluhur, agar masyarakat yang masih hidup senantiasa diberi kehidupan yang aman dan tentram.

Bacaan Lainnya

Sejak pandemi covid – 19 menerpa bangsa, hari ini adalah pertama kalinya Kegiatan nyadran dilakukan warga Dusun Banaran desa Babad Kevamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Dengan mengambil tema “Kita Tingkatkan Rasa Persatuan dan Kerukunan Warga menuju Masyarakat yang Mandiri dan Sejahtera”.26/6/22.

Warga masyarakat berbondong – bondong datang ke makam dusun untuk tahlil dan doa bersama, kemudian dilanjutkan dikantor desa setempat.

Kegiatan sedekah bumi diawali dengan tahlil dan do’a bersama dilanjutkan dengan hiburan langen tayub sekar condong laras yang berlangsung di Balai Desa setempat (26/06/2022).

Hadir pula Kepala Desa Babad H.Yarbo, perangkat Desa,BPD dan tokoh masyarakat serta undangan lainya.

H.Yarbo dalam sambutanya mengatakan, sedekah bumi merupakan salah satu cara rasa syukur seluruh masyarakat Dusun Banaran yang telah diberikan rejeki, kesehatan lahir maupun batin oleh Allah.

Ia berharap acara sedekah bumi yang dilaksanakan hari ini berjalan lancar dan semua masyarakat untuk selalu menjaga kamtibmas.

”Semua masyarakat saya harap selalu menjaga kamtibmas dan tetap menjaga kerukunan ” katanya .

lanjut H.Yarbo, Nilai nilai kerukunan dan kebersamaan tetap dijaga,tetap dipelihara dan tetap dilestarikan.jangan sampai tergerus oleh zaman, ia juga mengucapkan terima kasih khusuanya kepada warga Dusun Banaran dan umumnya kepada masyarakat Desa Babad yang telah berpartisipasi baik moril maupun materiil hingga terlaksananya kegiatan sedekah bumi pada hari ini.

” Mari bersama sama kita jaga desa kita saling menghargai dan saling mengisi dan bekerja keras untuk kemajuan Desa Babad,” pungkasnya. (Kas/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan