Gempa Magnitudo 6,0 di Tuban Terasa hingga Madura, Surabaya

  • Whatsapp
Img 20240322 Wa0002

Sampang,Newsmmc.com – Gempa Magnitudo 6,0 mengguncang wilayah Tuban, Jatim, Jumat (22/3/24), pukul 11:22:45 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa Tuban ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,0. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,64° LS ; 112,32° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 Km arah Timur laut Kota Tuban, Jawa Timur pada kedalaman 10 km.

Kepala Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa Tuban yang terjadi karena aktivitas deformasi slab pull pada lempeng Indo-Australia, yang tersubduksi hingga di bawah Laut Jawa. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault).

Bacaan Lainnya

Gempa Bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Selat Madura dengan skala intensitas V MMI (Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, Bangkalan, Sampang ikut merasakan dengan skala intensitas IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Hal ini juga dirasakan warga Desa Ragung, kampung Taman, Sebut Faki salah satu warga saat duduk sebelum berangkat sholat Jum’at ke masjid dirinya bersama warga lainnya lagi santai di depan rumah, ada sekitaran 5 orang yang duduk di depan rumah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *